Bayi

Dunia Bermain Dunianya Anak-Anak

Dunia bermain dunianya anak-anak. Anak-anak itu terlahir dengan kemampuan otak kanan yang bagus, makanya mereka imajiner dan cenderung kreatif. Bila kita berikan mainan alat masak dari plastik, maka mereka akan tampak serius memasak beragam jenis masakan. Begitu pun ketika kita berikan anak-anak mobil-mobilan, maka mereka akan menirukan suara mobil sambil memainkan mobil-mobilan seolah melaju naik turun bukit. Jangan tanya deh soal kemampuan imajinasi dan kehebatan kreatifitas mereka. Kita saja bisa dibuat tertawa-tawa oleh ulah anak-anak. Ternyata dulu pun kita seperti mereka, ya karena sudah pasti kita dulu pernah menjadi anak-anak.

kanak2-1

foto kredit ke imedik.org

Setiap orang tua sudah hampir bisa dipastikan sayang anak, meski kadang ada beberapa orang yang tega dan jahat terhadap anaknya, tentu ini adalah orang tua yang memiliki kelainan. Sejak usia beberapa tahun kita sudah masukan anak-anak ke taman bermain, lalu dilanjut masuk taman kanak-kanak. Saat-saat dijenjang belajar ini anak-anak masih memiliki kesempatan bermain yang banyak. Tapi sayang ketika masuk SD terkadang beban pelajaran membuat anak-anak semakin sulit memiliki waktu untu bermain.

Ada baiknya di SD anak-anak masih memiliki kesempatan belajar sambil bermain, atau bermain padahal belajar. Ada baiknya sekolah SD memiliki fasilitas bermain untuk mengasah otak dan kreatifitas fisik mereka. Semisal dilengkapinya sekolah dengan fasilitas olahraga dan fasilitas outbound. Banyak SD yang bahkan tidak memiliki fasilitas olah raga, tidak memiliki space yang luas untuk anak-anak bermain di lapangan. Sehingga anak-anak hanya terkungkung di dalam ruang kelas.

Saya menemukan sekolah SD dan SMP yang bagus, di mana mereka memiliki lapangan olah raga yang memadai, memiliki fasilitas out bound yang cukup, dan tak terkesan gersang. Sekolah tersebut adalah SDIT Daarul Fikri dan SMPIT Daarul Fikri yang terletak di Jl. Raya Jakarta-Bogor KM 40,7, Cilangkap, Cimanggis Kota Depok.

sekolah dan bermainSaya melihat anak-anak asyik bermain futsal dan ada juga yang menjajal fasilitas out bound. Mereka tampak gembira melakukan ini semua, ya karena memang itulah dunia mereka, bermain. Semoga kita tidak memusnahkan dunia mereka, dunia bermain harus tetap milik anak-anak. Bermain yang melatih mereka untuk semakin kreatif, semakin tumbuh jiwa kepemimpinannya dan semakin baiknya kemampuan komunikasi mereka.

Advertisements

Tinggalkan Jawapan

Masukkan butiran anda dibawah atau klik ikon untuk log masuk akaun:

WordPress.com Logo

Anda sedang menulis komen melalui akaun WordPress.com anda. Log Out / Tukar )

Twitter picture

Anda sedang menulis komen melalui akaun Twitter anda. Log Out / Tukar )

Facebook photo

Anda sedang menulis komen melalui akaun Facebook anda. Log Out / Tukar )

Google+ photo

Anda sedang menulis komen melalui akaun Google+ anda. Log Out / Tukar )

Connecting to %s